Pagar Tembok Untuk Keamanan Rumah

Keberadaan pagar dan tembok pagar penting untuk memberikan keamanan pada sebuah hunian. Semakin aman sebuah hunian, sang pemilik rumah tentu akan merasa semakin tenang dan nyaman, bukan? Sayangnya, banyak tembok dan pagar yang justru menutupi estetika dan kecantikan dari sebuah hunian.

Desain tembok dan pagar sangat penting sebagai elemen penyambut. Agar memiliki tampilan pagar dan tembok pagar yang menarik, desain pagar yang memainkan irama, memadukan warna, hingga mengombinasikannya dengan elemen yang kontras dapat dipakai. Berikut beberapa inspirasi desain tembok pagar yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga menginspirasi!

Pagar Kayu Dengan Tembok Ekspos

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©RAW Architecture

Desain pagar dengan material kayu memang sudah ada sejak lama, namun hingga kini pagar kayu tetap menjadi tren dan favorit bagi banyak orang. Apalagi dengan kombinasi dinding ekspos, hunian Anda akan memiliki kesan klasik dan hangat. Apabila Anda ingin menggunakan material kayu sebagai pagar rumah Anda, pilihlah jenis kayu yang tahan cuaca seperti kayu ulin dan kayu merbau. Berat kayu juga perlu jadi pertimbangan, jenis kayu yang berat akan membuat pagar Anda semakin berat untuk dibuka. Anda juga dapat menambahkan elemen garis vertikal pada dinding ekspos untuk memberikan kesan industrialis.

Artikel lainnya: Percantik Rumah Mungil dengan 5 Ide Desain Taman Simpel

Pagar Besi Vertikal

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©RAW Architecture

Biasanya jenis pagar ini diaplikasikan pada rumah-rumah dengan tema minimalis dan industrialis. Namun bentuknya yang simpel membuat pagar ini cocok untuk diterapkan pada berbagai tema hunian. Selain harganya yang tergolong murah, proses pembuatan pagar besi pun mudah dan cepat. Warna hitam akan membuat pagar ini tak mudah terlihat kotor serta kokoh melindungi hunian Anda

Pagar Putih Dengan Tembok Bata Lubang

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©Delution Design

Rupanya perpaduan warna yang kontras antara batu bata dengan warna putih dapat menjadi kombinasi yang pas untuk pagar hunian Anda. Batu bata yang disusun secara berlubang-lubang akan membuat hunian Anda tidak terlalu privat dan memberi kesan hangat bagi pengunjung. Jika tidak ingin ribet dalam memasang dan menyusun batu bata secara rapi, Anda juga dapat menggunakan bata lubang atau roster sebagai alternatif. Untuk pagarnya, Anda dapat memilih desain pagar berwarna putih dengan lubang agar seirama dengan tembok bata yang berlubang. Anda juga dapat menambahkan tanaman-tanaman dan pepohonan di area tembok bata. Perpaduan tembok bata dengan tumbuh-tumbuhan akan memberikan kesan natural yang kuat pada hunian.

Pagar Wire Mesh

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©Delution Design

Anda ingin hunian dengan pagar pembatas namun Anda tetap ingin hunian Anda tampil terbuka? Pagar wire mesh dapat menjawab kebutuhan Anda. Wire mesh adalah kawat tembaga yang dianyam sedemikian rupa hingga terbentuk gulungan atau lembaran. Pagar wire mesh juga sangat cocok bagi Anda yang ingin menerapkan hunian dengan tema minimalis ataupun industrialis. Harganya yang murah serta desainnya yang kekinian membuat pagar ini menjadi salah satu jenis pagar favorit bagi banyak orang.

Artikel lainnya: 5 Inspirasi Desain Pintu Masuk dan Foyer yang Menarik Perhatian Tamu

Pagar Ruji Besi

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©Studié

Jika hunian Anda dikelilingi oleh tembok yang masif sehingga tampak berat dan tertutup, maka Anda dapat menggunakan pagar ruji besi untuk meringankan kesan tertutup tersebut. Pagar jenis ini memang terlihat simpel, hanya terdiri dari ruji besi yang disusun secara vertikal dan horizontal hingga membentuk bentuk segi empat. Namun demikian, bentuknya yang simpel dan transparan akan membuat hunian Anda yang tadinya masif dan berat menjadi jauh lebih ringan dan terkesan terbuka.

Pagar Bambu

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©E.Re Studio

Ternyata pagar bambu cukup banyak digunakan sebagai tembok pagar, terutama pada hunian-hunian dengan konsep natural. Menggunakan pagar bambu akan meningkatkan kesan alami hunian Anda sehingga hunian Anda akan tampak asri dan segar. Anda juga dapat memainkan ketinggian pagar bambu sesuai dengan tingkat privasi yang Anda inginkan pada hunian Anda.

Tembok Ekspos Dengan Rumput

7 Ide Pagar dan Tembok Pagar Ini Akan Membuat Hunian Makin Aman dan Apik
©RAW Architecture

Selanjutnya adalah tembok rumput. Dijamin, jika menggunakan tembok rumput, hunian Anda secara otomatis akan terlihat asri, sejuk, dan natural. Walaupun keberadaan tembok ekspos yang masif mengelilingi hunian Anda harusnya tampak berat, namun dengan adanya elemen alami berupa rerumputan akan menyeimbangkan tembok tersebut. Yang perlu dipertimbangkan dalam membuat tembok ini adalah Anda harus menyiapkan ruang yang cukup lebar karena rumput membutuhkan media berupa tanah, yang mana kemiringannya tidak boleh terlalu curam. Anda juga harus memberikan perawatan ekstra untuk merawat rerumputan dan tanaman pada tembok.

Artikel lainnya: Jenis – Jenis Material Untuk Luar Ruangan

Itulah 7 pagar dan tembok pagar yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi desain pada tempat tinggal Anda. Silakan kunjungi Archify untuk melihat berbagai produk terkait pagar maupun elemen bangunan lainnya. Anda juga dapat menghubungi arsitek dan desainer interior untuk mewujudkan hunian yang Anda impikan.

Untuk info dan tanya-tanya hubungin kita?
?Jl. Lettu Karim Kadir, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan
? WA : 0812-7294-6649

?Instagram: garudasriwijayacnc
www.garudasriwijayacnc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Silahkan klik logo untuk Chat WA kami ya