Inilah Jenis Jenis Material Yang Biasa Digunakan Untuk Laser Cutting

Kebutuhan akan mesin produksi yang efisien dan produktif sudah semakin mendesak. Mengingat permintaan konsumen akan barang berkualitas tinggi juga meningkat. Apalagi kondisi pasar semakin memiliki persaingan ketat, sehingga tiap produsen harus berinovasi agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Inovasi yang penting salah satunya adalah pembaruan mesin produksi menggunakan teknologi terbaru.

Laser cutting hadir menjawab permasalahan tersebut. Mesin CNC satu ini berperan besar dalam membuat produk dengan presisi dan kehalusan yang baik. Pengoperasiannya juga simpel karena laser pemotongnya dikendalikan melalui komputer agar bergerak membentuk pola yang sudah ada. Laser cutting juga memiliki berbagai keunggulan dibandingkan teknologi manufaktur lainnya karena dapat menerima data langsung dari komputer, sehingga otomatisasi pemotongan dapat berjalan pada dunia industri.

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menggunakan laser cutting selain mempersiapkan desain digital adalah memilih material yang akan dipakai. Hal ini krusial karena ada beberapa material yang tidak boleh digunakan sebab bisa merusak kinerja mesin. Maka dari itu, kenali beberapa jenis material laser cutting berikut ini agar tidak salah pilih.

  • Plywood

Plywood terbuat dari beberapa lembaran tipis, atau lapisan yang arah seratnya disusun saling melintang antara lembaran bawah dengan lembaran bagian atas secara bersamaan dengan lem khusus di bawah tekanan besar sehingga didapatkan ketebalan tertentu. Dari konstruksi yang digunakan untuk membuat plywood, maka bahan ini sangat tahan terhadap resiko pecah/retak, melengkung atau melintir yang tergantung pula pada ketebalannya.

  • MDF (Medium Density Fiber)

Papan MDF (Medium Density Fiber) adalah olahan kayu berupa papan yang marak digunakan sebagai pengganti dari plywood. Plywood sendiri memiliki permukaan yang mudah retak dan cukup kasar sehingga tidak begitu indah hasil akhir furniturnya. Papan MDF ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture.

  • Logam

Logam merupakan jenis material keras yang memerlukan proses lebih rumit dibanding pemotongan material lain. Jika ingin melakukan pemotongan logam utuh secara keseluruhan, makan tebal platnya harus setipis mungkin. Apabila plat logam terlalu tebal dapat mengakibatkan logam melengkung. Di luar pemotongan yang rumit, material logam justru sangat bagus jika untuk media grafir atau pengukiran.

  • Akrilik

Material akrilik sangat cocok dipilih jika Anda ingin membuat ornamen, aksesoris, hiasan dinding, marka, dan sebagainya. Ada berbagai macam tipe akrilik yang tersedia. Tipe plexiglass adalah akrilik yang paling populer digunakan untuk menjadi bahan baku produk. Tampilannya sangat indah karena serupa dengan kaca patri. Tersedia pilihan tingkat ketebalan yang bisa disesuaikan dengan rancangan produk Anda.

Itulah jenis-jenis material yang cocok untuk laser cutting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Halo kak, ada yang bisa kami bantu?
Silahkan klik logo untuk Chat WA kami ya